Social Icons

Pages

Rabu, 26 Maret 2014

KIM MANTRA KREMBANGAN





Kelompok Informasi Masyarakat
MANTRA  (Amanah dan Sejahterah)
KEC. KREMBANGAN




 Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan jaman, dimana segala macam informasi baik berita maupun informasi publik sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan ke semua itu bisa didapatkan dimedia internet yang di dukung oleh progam pemerintah Kota Surabaya  yang memberikan fasilitas free Wifi di tiap-tiap RW di seluruh wilayah Surabaya, maka oleh sebab itu perlunya di setiap kecamatan, kota / kabupaten perlu dibentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Dalam hal ini KIM Krembangan dibentuk  sebagai wahana informasi dan komunikasi antara anggota masyarakat Kecamatan Krembangan dengan pemerintah atau sebaliknya, untuk mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik, serta sarana peningkatan pemberdayaan masyarakat dibidang informasi oleh lembaga atau kelompok.

KIM Krembangan adalah Lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya terletak di Kecamatan/perkotaan  beranggotakan 3 (tiga) sampai 30 (tiga puluh) orang dapat terdiri dari remaja, orang dewasa/tua, laki-laki atau perempuan, Pelajar atau mahasiswa, wiraswasta, dll
AZAS :
Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Krembangan  berazaskan Pancasila dengan bercirikan kebersamaan, kebermaknaan, kemandirian dan kegotongroyongan

DASAR :
1.      Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 F
2.      GBHN tahun 2004
3.      Undang-undang nomor 32 tahun 2004
4.      Peraturan Pemerintah Daerah no 25 tahun 2002
5.      SK Walikota Surabaya Nomor : 188.45/172/436.1.2/2005







TUJUAN PEMBENTUKAN KIM KREMBANGAN
  1. Menemukan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok.
  2. Mengenali cara pemecahan masalah
  3. Membuat keputusan bersama
  4. Melaksanakan keputusan dengan kerjasama.
  5. Mengembangkan jaringan informasi untuk memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan.
VISI KIM KREMBANGAN
Terwujudnya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera.

MISI KIM KREMBANGAN
  1. Mendorong tumbuh dan berkembangnya KIM secara mandiri sebagai wahana informasi dalam masyarakat.
  2. Meningkatkan peranan KIM dalam memperlancar arus informasi antar anggota masyarakat dan antara pemerintah dengan masyarakat.
  3. Meningkatkan kemampuan Anggota KIM dan masyarakat dalam mengakses dan mengelola informasi dalam rangka meningkatkan literasi informasi dan mengatasi kesenjangan informasi.
TUGAS KIM KREMBANGAN
  1. Mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi.
  2. Memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat.
  3. Mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya.
  4. Menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok yang lainnya untuk mewujudkan kebersamaan, kesatuan dan persatuan bangsa.
FUNGSI KIM KREMBANGAN
Sebagai wahana informasi:
  1. Antar anggota KIM KEC.KREMBANGAN secara horisontal
  2. Dari KIM KREMBANGAN ke pemerintah SURABAYA
  3. Dari pemerintah kepada masyarakat
  4. Sebagai mitra dialog dengan Pemerintah, Pemda Provinsi dan Pemda Kabupaten/Kota dalam merumuskan kebijakan publik.
  5. Sarana peningkatan literasi masyarakat di bidang informasi dan media massa serta teknologi informasi dan komunikasi di kalangan anggota KIM dan masyarakat.
  6. Sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi.
AKTIVITAS POKOK KIM KREMBANGAN
·         Informasi yaitu melakukan aktivitas untuk mengakses   informasi dari berbagai sumber, baik sumber langsung maupun tidak langsung
·         Diskusi yaitu setelah mengakses informasi kemudian dilakukan diskusi, tukar menukar informasi, dan memecahkan masalah
·         Jaringan yang merupakan hubungan antar KIM atau antara anggota setiap KIM secara teratur dalam rangka saling tukar menukar informasi.
·         Penyebaran Informasi yaitu menyebarluaskan informasi, bisa dilakukan bila informasi itu sudah diolah dan diyakini sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal.
·         kegiatan KIM tidak saja menyebarkan informasi tetapi juga menyerap aspirasi masyarakat
KEDUDUKAN DAN SIFAT KIM KREMBANGAN
  • Setiap kelompok sosial dapat membentuk KIM mulai dari tingkat RT, RW, lingkungan , Kelurahan,kecamatan  sampai organisasi – organisasi yang ada dalam masyarakat .
  • Bersifat mandiri (bebas/independen ) dan swadaya .
  • KIM Kembangan bersifat non partisan atau tidak terkait  dengan partai atau kepentingan politik apapun.
  • Untuk mencukupi dana operasional serta kesejahteraan anggota KIM Krembangan dapat melakukan kegiatan usaha melalui unit – unit usaha yang dibangunnya.
  • KIM Krembangan yang sudah terbentuk memerlukan adanya pengakuan/pengukuhan dari masyarakat dan lembaga Pemerintah, dari tingkat Kelurahan atau Kecamatan atau Kabupaten / Kota atau Provinsi. Dengan mempertimbangkan perkembangan kondisi yang ada, KIM dapat berbentuk Yayasan atau bentuk Badan Hukum lainnya .


HUBUNGAN KELEMBAGAAN
  • KIM Krembangan tidak memiliki hubungan hirarki dengan Pemerintah.
  • KIM Krembangan memiliki hubungan keseteraan dengan media informasi lainnya dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat .
  • KIM Krembangan sebagai mitra kerja Pemerintah melaksanakan pembangunan seluruh masyarakat agar serasi dan menfasilitasi kelompok kurang beruntung.
PEMBERDAYAAN KIM KREMBANGAN
KIM Krembangan diarahkan untuk menggunakan teknologi informasi dalam mengakses informasi, yang dalam implementasinya akan disesuaikan dengan kemampuan menyediakan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, atau ketersediaan infrastuktur di lingkungan KIM Krembangan berada.

POLA PEMBERDAYAAN KIM
Pemberdayaan KIM Krembangan adalah upaya memberikan penguatan agar KIM Krembangan bisa melakukan aktifitas sesuai dengan fungsi umum KIM Krembangan dan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat (konstektual). Pemberdayaan tersebut melibatkan berbagai elemen sosial meliputi: Pemerintahan, Swasta, Media Massa, Lembaga Masyarakat.
PENDEKATAN PEMBERDAYAAN KIM KREMBANGAN
Pendekatan dalam pemberdayaan  disesuaikan dengan karakteristik kelompok dan wilayahnya. Pemberdayaan tidak menjadi wahana untuk mengintervensi kelompok untuk kepentingan lain diluar fungsi KIM Krembangan


BENTUK PEMBERDAYAAN KIM KREMBANGAN
  1. Fasilitasi peningkatan kemampuan akses terhadap informasi (dalam bentuk sarana jaringan telepon dan perangkat komputer).
  2. Fasilitasi pengembangan proses diskusi dalam rangka pengelolaan informasi (dalam bentuk penataran kepada pimpinan kelompok sehingga mampu memimpin diskusi kelompok).
  3. Fasilitasi pengembangan implementasi informasi yang telah di akses (menghubungkan dengan instansi terkait lainnya misalnya melalui koordinasi kehumasan pemerintah).
  4. Fasilitasi perluasan jangkauan diseminasi informasi dari kelompok kepada masyarakat (membentuk jaringan dengan media, misalnya kelompok pembaca atau kelompok sosial lainnya seperti PKK).
KEGIATAN PEMBERDAYAAN KIM KREMBANGAN
  1. Menerbitkan dan mendistribusikan berbagai referensi
  2. Pelatihan dan pendidikan SDM
  3. Mengikutsertakan KIM Krembangan dalam kegiatan pemerintah terutama yang berkaitan dengan fungsi KIM Krembangan yaitu di bidang informasi dan kerjasama internasional
  4. Mengembangkan jaringan antar KIM Krembangan
  5. Membuka jaringan KIM Krembangan ke institusi terkait
  6. Mendistribusikan bahan informasi untuk KIM Krembangan
  7. Pengenalan dan peningkatan pemahaman dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Berita Kim

Sample Text

 
Blogger Templates